Bahaya, Jangan Lakukan Swab Antigen Sendiri di Rumah, Inilah Resikonya!

 

Sudah 2 tahun ini Indonesia mengalami musibah pandemi covid-19 yang tidak kunjung berhenti. Bahkan banyak berita mengatakan peningkatan kasus terus terjadi diberbagai daerah Indonesia, inilah yang sering membuat banyak orang khawatir. Pemerintah sendiri terus berupaya untuk mengurangi angka penularan dengan berbagai cara seperti membatasi mobilitas masyarakat dengan melakukan PPKM atau PSBB, selain itu juga anjuran untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Namun sampai dengan saat ini semua itu belum menemukan titik akhir, bahkan belum terlihat kapan pandemi berakhir.

Membatasi mobilitas masyarakat selama pandemi memang tidak bisa dilakukan oleh pemerintah seterusnya, apalagi melihat kasus yang tidak kunjung berakhir. Akhirnya pemerintah sendiri memberikan keringanan untuk mereka yang ingin melakukan perjalanan penting bisa dilakukan namun dengan syarat adanya surat hasil tes. Alhasil, banyak orang yang berbondong-bondong melakukan tes untuk memastikan bahwa dirinya tidak tertular virus mematikan tersebut dan diperbolehkan melakukan perjalanan. Akibat aturan itu pula banyak tempat kesehatan antri oleh masyarakat yang ingin melakukan tes covid.

Swab antigen merupakan salah satu pemeriksaan covid-19 dengan cepat untuk mendeteksi dari keberadaan antigen atau bagian dari virus mematikan tersebut apakah ada dalam tubuh. Jadi pemeriksaan ini dilakukan dengan mengambil sampel lendir pada bagian hidung dan juga tenggorokan masing-masing orang. Bisa dikatakan ini merupakan cara untuk mendeteksi secara dini apakah orang ter konfirmasi virus corona atau tidak. Selain itu juga bisa digunakan sebagai syarat untuk melakukan perjalanan ke berbagai wilayah lain selama pandemi.

Bagi Anda yang berencana melakukan perjalanan bisa swab di beberapa tempat seperti klinik, puskesmas, rumah sakit dan tempat lainnya. Karena prosesnya yang cepat, mudah dan tidak perlu banyak alat membuat orang bisa melakukan sendiri dirumah. Seperti yang diketahui memang alat untuk jenis swab ini bisa dibeli ditempat peralatan kesehatan. Meskipun begitu tetap saja ada beberapa resiko yang bisa dialami ketika melakukan sendiri seperti:

1. Hasil yang kurang akurat.

Dari penelitian dikatakan jika pemeriksaan swab antigen yang dilakukan sendiri dirumah beresiko untuk mendapatkan hasil yang kurang akurat. Hal itu tentu karena pelaku bukan petugas medis yang sudah berpengalaman. Karena pengambilan dan pembacaan sampel yang salah akan berpengaruh pada hasilnya.

2. Proses pengambilan sampel kurang tepat.

Cara pengambilan sampel memang tergolong mudah, dimana hanya mengambil lendir pada bagian tenggorokan dan hidung. Meskipun begitu tanpa dilakukan oleh petugas medis berpengalaman pasti tidak akan sesuai hasilnya. Misalnya saja ketika alat dimasukkan di hidung, bisa saja tidak sampai bagian nasofaring sehingga berpengaruh pada hasil.

3. Pengambilan sampel yang salah.

Inilah kenapa petugas swab harus mereka yang sudah profesional dimana harus dapat membedakan mana sampel yang hanya air liur dan mana yang lendir. Sama-sama menggunakan alat yang dimasukkan, namun hasilnya akan tetap berbeda. Karena pemeriksaan dengan air liur pada mereka yang sudah positif corona tetap hasilnya negatif, inilah yang ditakutkan.

Bila tidak ingin mengalami beberapa resiko diatas lebih baiknya tetap lakukan dengan petugas medis yang sudah berpengalaman. Namun jika Anda tidak ingin melakukan pada tempat umum dengan antrian panjang dan hasil yang lama, bisa memesan melalui Aido. Ini merupakan salah satu aplikasi layanan kesehatan online yang bisa langsung dipanggil kerumah. Sudah menggunakan tenaga profesional sehingga Anda tidak perlu ragu akan hasilnya. Yuk, atur jadwal swab sekarang melalui pesan Aido online.